KOTA LAMA SURABAYA



Yustria Via Vionita Fiqmah
1130023048
Prodi S1 Keperawatan
Fakultas Keperawatan dan Kebidanan
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

 Lokasi Kota Lama Surabaya

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Kota Lama Surabaya, silakan kunjungi Kecamatan Pabean Cantian, Bongkaran, tepatnya di Jalan Gula. Lokasinya pusat kota Surabaya ke Kota Lama jaraknya sekitar 4 km, sehingga kalian bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor sekitar 12 menit.

Saat berwisata ke Kota Lama, kalian tak perlu merogoh kocek, karena harga tiket masuk ke kawasan kota tua gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Kalian juga dapat mengunjunginya selama 24 jam dan selalu buka setiap harinya. Kota Lama cocok bagi kalian yang sedang berlibur ke kota Surabaya dan mencari wisata spot foto gratis.

Sejarah Kota Lama Surabaya

Kota Surabaya tak akan menjadi salah satu kota dengan industri terbesar di Indonesia seperti saat ini tanpa bantuan Kali Mas, sebuah sungai yang membelah kota. Dahulunya, Kali Mas bermuara di Laut Jawa dan menjadi jalur masuk bagi kapal-kapal pedagang yang akan singgah di Surabaya.

Kala itu, VOC, penguasa kota Surabaya membagi wilayah di sekitar Kali Mas menjadi dua memisahkan antara penduduk dari Eropa dan Asia non Pribumi. Masing-masing kemudian membangun wilayahnya dengan segala rupa bangunan sesuai dengan gaya arsitektur masing-masing. Pembangunan ini berjalan secara besar-besaran, sehingga wilayah sekitar Kali Mas semakin ramai. Di sinilah awal mula dikenal sebagai Kota Lama Surabaya.

Upaya Pemerintah Dalam Melestarikan Kota Lama

Kota Lama dengan segala keindahan dan nilai sejarahnya, telah menjadi saksi bisu perjalanan Surabaya. Kota ini menyimpan banyak cerita tentang kejayaan masa lalu, mulai dari masa kolonial hingga era kemerdekaan.

Dalam upaya melestarikan warisan budaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melakukan revitalisasi kawasan Kota Lama. Revitalisasi ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kejayaan masa lalu melalui perbaikan dan pemeliharaan bangunan-bangunan bersejarah yang ada di kawasan tersebut.

Revitalisasi Kota Lama Surabaya tidak hanya sekadar memperbaiki bangunan-bangunan tua. Tetapi juga untuk mengembalikan fungsi-fungsi asli dari bangunan bersejarah tersebut.

Misalnya, gedung-gedung yang dulunya digunakan sebagai kantor pemerintahan atau pusat perdagangan dikembalikan fungsinya, sehingga dapat menjadi daya tarik wisata dan ekonomi bagi kota ini.

Foto Kota Lama Surabaya :











Vidio Kota Lama Surabaya :























Komentar

Postingan populer dari blog ini

resume materi Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Ema

FKK UNUSA MERAIH UNUSA AWARD 2021 ” TANGGA MENUJU PRESTASI “